Jakarta - Harga cabai di berbagai daerah di Indonesia tengah mahal. Namun Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman seolah enggan membahasnya. Saat ditanya wartawan di sela-sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Maros, Menteri Amran meminta agar pemberitaan soal cabai ini tidak dibesar-besarkan.
Pergi.com bagi-bagi voucher tiket pesawat Rp 100,000"Harga cabai naik, iya. Tapi tolong ditambah di ujungnya bahwa komoditas strategis yang paling penting, paling vital adalah beras. Harganya stabil," ujar Menteri Amran di Sulawesi Selatan, Sabtu (7/1).

Menurutnya, harga cabai saat ini sudah turun. Laporan terakhir yang diterimanya, hari ini sudah ada yang turun menjadi Rp 40.000 per kilogram (Kg). Bahkan, ada juga sudah pada posisi Rp 30.000 per kilogram sesuai laporan timnya yang turun lakukan pemantauan.

"Jadi janganlah dibesar-besarkan," tuturnya.

Dia menambahkan, pemerintah sudah tidak lagi mengimpor komoditas ini. Maka salah satu solusi tingginya harga cabai, menurut Menteri Amran, ada di rumah tangga. Yakni, satu rumah tangga bisa menanam bibit cabai.

"Kurangilah diskusi sedikit dengan tetangga. Tanam cabai, lima menit itu selesai. Itu solusi permanennya," tandasnya.(mdk/adhy)

 
Top